Merasa Gugup saat Presentasi, Tips Ini dapat Meningkatkan Percaya Diri

Merasa Gugup saat Presentasi, 
Tips Ini dapat Meningkatkan Percaya Diri


Berbicara di depan umum atau public speaking sering membuat orang gugup.

Hal ini tidak hanya terjadi pada Anda yang baru pertama kali tampil. 

Namun, hal ini juga sering terjadi kepada orang-orang yang sudah beberapa kali melakukan presentasi.

Untuk itu, Anda harus meningkatkan rasa percaya diri di hadapan banyak orang agar tidak merasa gugup lagi saat melakukan sebuah presentasi.

Berikut adalah beberapa tips yang kami bagikan untuk Anda terutama untuk meningkatkan percaya diri dalam presentasi





1. Hentikan Pikiran Negatif


Kurang percaya diri dapat disebabkan oleh pikiran negatif. 

Beberapa diantaranya yang sering Anda rasakan adalah:

  • Merasa diri sendiri tidak berharga.
  • Takut ditolak.
  • Takut salah dengan apa yang akan dilakukan.
  • Takut direndahkan atau diremehkan orang lain.
  • Merasa diri lebih rendah dari orang lain.
  • Merasa akan ditertawakan orang lain.

Anda harus menghentikan pikiran negatif karena akan memenjarakan Anda dalam krisis kepercayaan diri.

Cara mudahnya adalah dengan mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif dalam diri Anda.

Contoh pikiran-pikiran negatif dapat Anda ganti dengan :
  • Saya adalah orang berharga karena sama-sama ciptaan Tuhan YME.
  • Penolakan adalah hal lumrah sehingga saya harus mencobanya.
  • Kesalahan adalah tanda orang sedang belajar.
  • Orang lain akan menghargai saya karena saya menghargai mereka juga.
  • Membuat orang lain tertawa itu lebih baik daripada membuat orang lain sedih.





2. Atur Pernafasan


Saat Anda merasa gugup, secara tidak sadar tubuh Anda akan bernafas lebih cepat dikarenakan sirkulasi darah menjadi bergerak cepat dan jantung pun berdegup lebih kencang.

Hal ini akan menurunkan rasa percaya diri Anda, sehingga membuat presentasi Anda tidak maksimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengatur pernafasan agar menjadi normal kembali.

Sebelum Anda tampil dalam sebuah presentasi, luangkan waktu untuk memejamkan mata lalu tarik nafas dalam-dalam.

Lakukan hal ini beberapa kali. 

Tarik nafas dalam-dalam secara perlahan, tahan sejenak, dan lepaskan secara perlahan pula.

Setelah melakukan hal itu Anda akan merasakan oksigen mengalir dalam tubuh dan itu akan membuat tubuh merasa lebih relax.





3. Berlatih, Berlatih dan Berlatih


Terakhir, ingatlah untuk selalu berlatih saat Anda mempunyai waktu luang.

Semakin sering Anda berlatih akan membuat rasa percaya diri meningkat.

Anda dapat berlatih di depan keluarga ataupun teman, jika memungkinkan jadwalkan latihan Anda secara rutin.

Berlatihlah untuk memilih kalimat pembuka yang baik dan penutup yang mudah diingat.

Latih vokal Anda sehingga suara terdengar jelas dan bersemangat.

Latih transisi antar slide sehingga Anda dapat menjelaskannya dengan mulus.

Ingat, Practice make perfect.





Itulah 3 tips mengatasi rasa gugup dan meningkatkan rasa percaya diri.

Jangan lupa untuk mempraktekkannya.

Semoga bermanfaat.