Rahasia Biar Semangat Kerja Terus Membara, Ternyata Begini Caranya.


Rahasia Biar Semangat Kerja Terus Membara, 
Ternyata Begini Caranya





Pernahkah Anda merasa tidak bersemangat saat bekerja?

Rasa malas dan tidak bersemangat merupakan sifat mutlak setiap manusia.


Tapi … kalau dipikir-pikir, menuruti sifat malas itu justru akan merugikan kita.

Coba Anda pikir lagi.

Kalau Anda terus-terusan malas bagaimana nasib masa depan Anda?

Bagaimana juga nasib keluarga Anda?

Jadi, kesimpulannya akibat dari kemalasan bukan berdampak pada diri Anda sendiri, namun juga berdampak pada orang lain, seperti keluarga bahkan rekan kerja.



Mungkin sebagian besar orang mengatakan bahwa untuk meningkatkan semangat kerja, ya pekerjaannya jangan dijadikan beban.

Memang benar, tapi apakah semudah itu?


Oh tentu tidak.


Tidak mudah untuk mengubah stigma bahwa pekerjaan bukanlah suatu beban.

Karena sifat alamiah manusia kebanyakan adalah mengeluh.

Yang menyebabkan pekerjaan jadi berat dan terasa malas untuk menyelesaikannya.

Ternyata ada cara lain loh untuk meningkatkan semangat kerja selain harus berpikiran bahwa pekerjaan adalah beban.




Ayo baca ini!





1. Lakukan Apa yang Anda Sukai Sebelum Memulai Pekerjaan.


Kedengarannya biasa sekali. Namun hal ini dapat mengubah kebiasaan lama Anda.

Sebelum bekerja cobalah untuk lakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Apabila Anda menyukai bernyanyi cobalah bernyanyi dahulu sebelum melakukan pekerjaan. Eitsss… tapi tahu waktu, ya.

Atau ketika Anda senang mendengarkan lagu-lagu yang ngebeat, coba putar dan dengarkan lagu tersebut sembari bekerja.

Lakukan apapun itu yang membuat Anda bahagia. Entah mendengarkan musik, bermain game, atau bernyanyi.





2. Tersenyumlah


Nah, untuk poin kedua ini sangat mudah dan tidak perlu menghabiskan tenaga dan pikiran dalam melakukannya.


Cobalah tersenyum dan pikirkan hal-hal yang membahagiakan.


Tersenyum dapat memberitahu otak untuk bahagia karena akan melepaskan senyawa neuropeptida. 

Senyawa neuropeptida sendiri diketahui memainkan berbagai peran dalam sistem saraf,

termasuk pengaturan tidur dan bangun, emosi, hadiah, keseimbangan makanan dan energi, rasa sakit dan analgesia, serta pembelajaran dan memori.

Ketika tersenyum, maka orang di sekitar Anda akan ‘tertular’ pula. Mereka akan ikut tersenyum ketika Anda melemparkan senyuman pada mereka.




3. Mulailah untuk Selalu Bersyukur 


Coba pikirkan berapa banyak orang di luar sana yang tak kunjung mendapat pekerjaan.


Sedangkan Anda saat ini sudah memiliki pekerjaan yang mungkin orang lain menginginkan posisi seperti Anda.


Cobalah untuk bersyukur dan berpikir bahwa andai kini Anda tidak mempunyai pekerjaan alias menganggur tanpa penghasilan. 

Maka apa yang terjadi?

Anda tak bisa membahagiakan keluarga karena Anda sendiri pun tidak dapat memenuhi kebutuhan pribadi.


Mari mulai bersyukur hari ini. Hilangkan mengeluh mulai detik ini.





4. Buat Meja Kerja Anda Senyaman Rumah


Bayangkan ketika Anda mencari berkas-berkas yang terselip di meja Anda yang berantakan. 

Pasti butuh waktu lama untuk mencarinya.
Waktu tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih penting.


Layaknya sebuah rumah, meja kerja yang berantakan juga menunjukkan pikiran yang berantakan pula.

Saat rumah Anda berantakan dan kotor sangat tidak nyaman bukan? 

Anda juga menjadi tidak fokus dalam mengerjakan suatu hal karena terganggu lingkungan yang tidak rapi.



Sama halnya seperti sebuah rumah, meja kerja yang tampak kotor dan berantakan juga akan membuat Anda merasa tidak nyaman, dan ujungnya malah malas untuk menyelesaikan pekerjaan.



Mulai sekarang buatlah meja kerja Anda senyaman mungkin. Beri hiasan-hiasan yang Anda sukai. 

Atau pasang foto orang-orang yang Anda sayangi di atas meja kerja agar Anda selalu bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan.





5. Pikirkan untuk Siapa Sebenarnya Anda Bekerja


Coba pahami betul makna dari pekerjaan Anda.

Karya-karya yang Anda hasilkan bisa jadi dapat membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

Pendapatan yang Anda hasilkan dapat membantu keluarga Anda, dapat mencukupi kebutuhan Anda dan keluarga.

Apa yang Anda kerjakan selama ini bukanlah hal yang sia-sia.

Hasil yang Anda peroleh juga bermanfaat bagi orang lain.





6. Apresiasi Diri Anda Sendiri


Ketika Anda sudah berusaha, sudah bekerja keras selama ini cobalah berterima kasih pada diri Anda sendiri.

Ucapkan terima kasih pada diri sendiri karena sudah bekerja keras dan melakukan yang terbaik.

Selain itu, beri reward untuk diri Anda sendiri. Seperti membeli makanan enak, membeli baju yang bagus, atau sekadar pergi berlibur.





7. Istirahat Saat Mulai Jenuh


Merasakan kejenuhan dan bosan adalah naluri setiap manusia.

Jangan terlalu memaksakan diri.


Kalau Anda sudah mulai merasa lelah, beristirahatlah.

Lakukan peregangan untuk merelaksasi tubuh Anda.


Jika Anda terus memaksa bekerja saat mulai jenuh, bisa jadi Anda akan merasa stress. 

Hal ini tidak baik untuk kesehatan mental maupun fisik Anda.


Jadi, jangan terlalu menyiksa diri Anda sendiri.





Tujuh tips di atas mungkin terlihat sederhana dan sepele. 

Namun, mulai dari hal sederhana di atas Anda dapat mengubah diri Anda.



Setelah melakukan hal di atas, rasa tidak bersemangat dalam bekerja akan perlahan menghilang.




Bagaimana? Mudah bukan?

Ayo lakukan mulai sekarang!