Presentasi? Apa itu?



Presentasi? Apa itu?




Anda pasti pernah mendengar yang namanya presentasi. Tapi tahukah Anda apa itu presentasi?

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang. Presentasi juga merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain. 


Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis dan komunikasi.

Perbedaan lain dari pidato dan presentasi ialah pidato digunakan untuk menyampaikan gagasan yg ditulis oleh komunikator.
Sedangkan presentasi digunakan untuk menyampaikan ide pemikiran / gagasan yang umumnya memerlukan media dalam penyampaiannya.


Lalu untuk apa sih tujuan presentasi itu?

Tujuan presentasi adalah menyampaikan informasi.

Agar sebuah informasi dalam presentasi bisa tersampaikan dengan baik, ada tiga komponen penting yang terkait dalam presentasi. Komponen itu adalah

  1. Pemberi pesan (komunikator),
  2. Media
  3. Penerima pesan (audiens)





Informasi yang ingin disampaikan oleh orang-orang bermacam -macam. Biasanya presentasi ini digunakan untuk menyampaikan informasi apa saja ya?

Tujuan tersebut misalnya untuk membujuk, presentasi ini biasanya dibawakan oleh wiraniaga.


lalu untuk memberi  informasi  tentang suatu hal yang spesifik biasanya disampaikan oleh seorang pakar,


dan untuk meyakinkan (biasanya dibawakan oleh seseorang yang ingin membantah pendapat tertentu).



Komunikasi yang sukses terjadi ketika audiens menerima dan memahami sebuah pesan persis sama dengan apa yang dimaksudkan oleh komunikator. 

Walaupun pada kenyataanya tidak mungkin sebuah pesan atau gagasan yang disampaikan oleh pemberi pesan diterima dengan kesempurnaan seratus persen oleh penerima.

Setidaknya akan ada sedikit penyimpangan informasi dalam proses penyampaiannya.


Seorang komunikator yang baik bertugas untuk meminimalkan distorsi informasi tersebut, sehingga sukses diterima dengan baik oleh pendengarnya.

Bagaimanan caranya?

Pengambilan waktu dan suasana yang tepat dalam menyampaikan informasi bisa dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya penyimpangan informasi.


Keahlian berbicara di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting bagi siapa pun yang ingin maju. Banyak preside, manajer, wiraniaga, dan pengajar yang menjadi sukses dan terkenal lewat keahlian berpresentasi.


Agar bisa pandai berpresentasi, orang sering kali belajar pada para pakar presentasi.

Diluar sana, terdapat banyak pembicara terkenal yang sering kali diamati oleh orang-orang yang ingin pandai berbicara di hadapan umum.